Toyota AStrido - Berapa Biaya Ganti Oli Toyota Agya di Bengkel Resmi

Berapa Biaya Ganti Oli Toyota Agya di Bengkel Resmi

Untuk menjaga performa Toyota Agya yang Anda miliki, tentu Anda perlu melakukan perawatan mobil secara berkala. Ya, perawatan secara berkala tersebut nantinya akan berdampak langsung pada performa mobil. Toyota Agya yang senantiasa mendapatkan perawatan secara berkala akan cenderung lebih stabil dan tidak rewel ketika berada di perjalanan.

Nah, diantara perawatan berkala yang perlu dilakukan adalah mengganti oli. Anda tentu sudah familiar dengan perawatan yang satu ini, bukan?

Perlu diketahui, oli adalah elemen yang sangat penting pada mesin mobil. Tidak hanya sebagai pelumas, oli juga berperan penting sebagai pendingin yang akan mencegah mesin mobil mengalami masalah overheating yang sangat mengganggu. Hanya saja, masih banyak pemilik Toyota Agya yang terkadang lupa atau menganggap enteng masalah yang satu ini.

Salah satu alasan klasik yang muncul adalah biaya penggantian oli yang dianggap mahal. Padahal sebenarnya biaya yang dimaksud tidak se-mahal perkiraan, termasuk penggantian oli Toyota Agya di bengkel resmi.

 

Bahaya Jika Telat Mengganti Oli Mobil

Sebagaimana disinggung di awal, oli adalah komponen yang penting terutama pada mesin mobil. Oleh karenanya, jika Anda hendak melakukan perawatan berkala pada Toyota Agya yang Anda miliki, jangan lupa untuk mengganti oli secara berkala.

Ada beberapa dampak buruk yang akan terjadi ketika Anda telat untuk mengganti oli pada mesin mobil Anda. Tentu, pemahaman mengenai dampak buruk ini penting agar Anda senantiasa berhati-hati perihal penggantian oli ini.

Beberapa dampak buruk terkait telat mengganti oli mobil diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kualitas mesin mobil yang menurun

Salah satu dampak buruk yang terjadi ketika Anda tidak memperhatikan penggantian oli pada Toyota Agya yang Anda miliki adalah kualitas mesin yang cenderung menurun. Ya, oli yang terlalu lama tidak diganti nantinya akan membuat mesin tidak bisa melakukan akselerasi dengan baik. Sebagaimana diketahui, salah satu fungsi oli adalah memaksimalkan kinerja mesin.

Selain itu, nantinya oli yang tidak diganti dalam waktu yang alam akan menjadi hitam dan kental. Tentu saja, kondisi ini akan menyebabkan fungsi oli sebagai pelumas akan menurun. Suara mesin akan cenderung lebih kasar dan komponen mesin pun nantinya bisa bergesekan satu sama lain tanpa adanya pelindung.

 

  • Masalah overheating

Pernah mendengar istilah overheating? Ya, overheating adalah kondisi di mana suhu mesin mobil terlalu panas sehingga mesin mobil tidak bisa bekerja. Biasanya, kondisi ini ditandai dengan mesin yang mati mendadak, terutama setelah mobil melakukan perjalanan dengan jarak yang cukup jauh.

Selain jarak yang cukup jauh, overheating juga seringkali terjadi karena oli mesin mobil yang jarang diganti. Perli diketahui bahwa salah satu fungsi oli adalah untuk mendinginkan mesin, terutama ketika mesin dalam proses pembakaran bahan bakar.

Jika oli mesin tersebut sudah dalam keadaan buruk, hitam dan kental, tentu saja fungsi sebagai pendingin sudah tidak maksimal. Hal inilah yang menjadi biang kenapa Toyota Agya yang Anda kendarai bisa mogok mendadak di jalan dengan mesin yang sangat panas.

 

  • Boros bahan bakar

Sebenarnya, Toyota Agya termasuk salah satu SUV yang cukup irit bahan bakar. Hal inilah yang membuat penjualan Toyota Agya senantiasa naik dari waktu ke waktu. Hanya saja, mesin yang irit ini nantinya akan menjadi lebih boros bahan bakar jika oli mesin tidak diganti secara berkala.

Hal ini beralasan karena oli memegang peranan penting dalam pembakaran bahan bakar. Mesin dengan oli yang baik akan bekerja dengan halus dan optimal. Akan tetapi, jika oli mesin sudah buruk, maka gesekan komponen mesin akan cenderung lebih kasar dan mesin lebih boros bahan bakar.

 

  • Komponen mesin yang rusak

Oli akan semakin mengental ketika sudah lama tidak diganti. Dampak buruk lain dari kondisi ini adalah komponen mesin yang cenderung lebih mudah rusak. Ketika oli mesin masih bekerja dengan baik, maka gesekan komponen di dalam mesin bisa dihindari dan oli akan menghaluskan gesekan tersebut.

Akan tetapi, ketika oli semakin kental, fungsi pelumasan cenderung hilang. Akibatnya, komponen mesin bisa bergesekan satu sama lain hingga berujung pada rusaknya komponen tersebut.

 

Tentu, beberapa dampak buruk dari penggantian oli yang telat tersebut harus menjadi catatan penting. Ada baiknya jika Anda senantiasa mencatat kapan terakhir kali mengganti oli untuk Toyota Agya agar jadwal penggantian selanjutnya tidak terlupa.

 

Ganti Oli di Bengkel Resmi atau Tempat Lain?

Memang, penggantian oli mesin pada Toyota Agya yang Anda miliki bisa dilakukan di mana saja. Selain di bengkel umum di pinggir jalan, Anda juga bisa saja melakukan penggantian sendiri di rumah jika memiliki peralatan yang diperlukan. Hanya saja, tentu penggantian oli di bengkel resmi cenderung lebih disarankan.

Ada beberapa alasan kenapa Anda sebaiknya mengganti oli untuk Toyota Agya yang Anda miliki di bengkel resmi. Salah satu alasannya adalah pengerjaan yang profesional.

Ya, ketika Anda hendak mengganti oli mobil di bengkel resmi, maka Anda akan mendapatkan pelayanan dari tenaga profesional yang sudah menguasai bidang otomotif dengan baik. Hal ini tentu merupakan suatu keuntungan di mana pengerjaan penggantian oli bisa dilakukan sesuai dengan prosedur seharusnya dan dilakukan dengan baik.

Tidak hanya itu, peralatan yang digunakan pun sudah memiliki standar tersendiri untuk memastikan jika penggantian berjalan lancar. Tentu, masalah seperti seal yang rusak atau oli yang merembes akan bisa dicegah.

Keuntungan lain ketika melakukan penggantian oli di bengkel resmi adalah Anda akan mendapatkan garansi. Umumnya, bengkel resmi akan memberikan garansi tertentu untuk kepuasan pelanggan. Artinya, jika Anda merasa ada masalah pada mesin setelah penggantian oli, maka Anda bisa mendapatkan penanganan tanpa tambahan biaya.

 

Berapa Biaya Penggantian Oli Toyota Agya di Bengkel Resmi?

Barangkali ada anggapan bahwa mengganti oli Toyota Agya di bengkel resmi cenderung mahal sehingga banyak yang akhirnya mengurungkan niat mereka. Padahal, biaya sebenarnya tidaknya se-mahal yang diperkirakan.

Untuk penggantian oli Toyota Agya, biaya yang diperlukan adalah sekitar 300 hingga 500 ribu tergantung oli yang dipilih dan detail pengerjaan lainnya. Beberapa bengkel resmi bahkan menawarkan paket ganti oli sekaligus ganti filter oli dengan biaya yang lebih terjangkau. Dengan paket yang ditawarkan, tentu Anda bisa melakukan kalkulasi untuk menyiapkan biaya.

Bagi Anda yang ingin melakukan penggantian oli untuk Toyota Agya yang Anda miliki di bengkel resmi, Anda bisa menuju bengkel Toyota ASTRIDO di wilayah Anda. Toyota ASTRIDO adalah dealer resmi Toyota di Indonesia yang tentu akan menyediakan beragam keperluan untuk penanganan masalah mobil Anda.

Tidak hanya itu, untuk Anda yang ingin melakukan perawatan berkala selain ganti oli, Anda bisa melakukan kalkulasi perhitungan di sini. Kalkulasi ini tentu bisa menjadi acuan agar Anda bisa mempersiapkan dana perbaikan Toyota Agya dengan lebih baik.